Rabu, 24 Januari 2018

Besaran Pokok

Besaran yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok. Besaran pokok asa 3, yaitu panjang, massa dan waktu.
1.Panjang
       Dalam IPA, panjang menyatakan jarak antara dua titiktuMisalnya, panjang papan tulis adlah jarak antara titik pada ujung-ujung papan tulis, panjang bayi yang baru lahir adalah jarak dari ujung kaki sampai ujung kepala bayi itu. 
       Panjang menggunakan satuan dasar (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 detik. Untuk keperluan sehari-hari telah dibuat alat-alat pengukur panjang tiruan dari meter standar, seperti meteran gulung,mistar,jangka sorongdan pita ukur.
     Selain meter, panjang juga menyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar atau lebih kecil dari meter dengan cara menambahkan awalan-awalan seperti :
  • 1 kilometer (km) = 1.000 meter (m)
  • 1 sentimeter (cm) = 1/100 meter (m) atau 1,01m
sebaliknya,diperoleh :

  • 1 m = 1/1.000 km = 0,001 km
  • 1 m = 100 cm
     Beberapa alat pengukur panjang,misalnya pita ukur atau metlin,penggaris atau mistar, jangka sorong, dan meteran gulung. Meteran gulung dan penggaris mampu mengukur paling kecil hingga 1 mm, tetapi jangka sorong mampu mengukur sampai 0,1 mm. 
2.Massa
     Setiap benda tersusun darei materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda sibeut massa benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan  kilogram (kg). Misalnya, massa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1kg.
     Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah "berat" untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan dengan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknya, berat sangat tergantung pada kedudukan di mana benda tersebut berada. Mengapa ? karena benda akan memiliki gravitasi yeng berada ditempat yeng berbeda. Sebagai contoh, saat astronot beda dibulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat di saat di bumi.
      Dalam SI, massa menggunakan satuan Newton (N). Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran paltinum iridium yang disimpan di sevres, paris, Prancis.
     Massa suatu benda dapat diukur dengan neraca lengan,sedangkan berat diukur dengan neraca pegas. Neraca lengan dan neraca pegas termasuk jenis neraca mekanik. Sekarang banyak digunakan jenis neraca lain yang lebih praktis, yaitu neraca digital. Pada neraca digital, hasil pengukuran massa langsung dapat diketahui,karena muncul dalam bentuk angka dan satuannya.
     Selain kilogram (kg), massa benda juga dinyatakan dalam satuan-satuan lain. Misalnya,gram (g) dan miligram (mg) untuk massa-massa yang kecil;  ton (t) dan kuintal (kw) untuk massa-massayang besar.
  • 1 ton = 10 kw = 1.000 kg
  • 1 kg = 1.000 g
  • 1g =1.000 mg
3.Waktu
      Waktu adalah selang antara dua kejadian atau dua peristiwa.Misalnya, waktu hidup seorang dimuali sejak ia dilahirkan hingga meninggal, waktu perjalanan diukur sejak mulai bergerak sampai dengan akhir gerak (berhentia). Waktu dapat diukur dengan jam tangan atau stopwatch.
     Satuan SI untuk waktu adalah detik atau sekon(s). Satu sekon standar (baku) adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Berdasarkan jamatom ini, hasil pengukuran waktu dalam selang waktu 300 tahun tidak akan bergeser lebih dari satu sekon.
     untuk peristiwa-peristiwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar, misalnya menit, jam, hari, bulan tahun dan abad.
  • 1 hari = 24 jam
  •  1 jam = 60 menit
  •  1 menit = 60 sekon
     Untuk kejadian-kejdian yang cepat sekali, dapat digunakan satuan milisekon 9ms) dan mikrosekon (us).
     Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa panjang, massa dan waktu merupak besaran pokok. Berdasarkan hasil konfrensi umum mengenai Berat dan ukuran ke-14 tahun 1971. Sistem internasional disusun mengacu pada tujuh besaran pokok seperti tercantum di bawah ini.
  • Panjang = meter = m
  • Massa = kilogram = kg
  • Waktu = sekon = s
  • Kuat arus = ampere =  A
  • Suhu = kelvin = k
  • Jumlah zat = mol = mol
  • Intensitas cahaya = candela = cd 

Tidak ada komentar: